07 Oktober 2017

Bekicot Achatina sp

Banner Hama Penting
Materi Kuliah Perlindungan Tanaman

SIPUT atau BEKICOT (Achatina sp)

Siput AcantinaAchatina sp merupakan hewan bertubuh lunak (Moluska) yang tidak memiliki tulang belakang. Tubuhnya dilindungi oleh cangkang dari bahan kapur yang kuat dan didalmnya mengandung lapisan mutiara . Cangkang bekicot terpilin Spiral (Body whorl) dengan jumlah putaran tujuh ,bentuk cangkang Fusiform , tidak memiliki tutup cangkang (operculum). Warna cangkang coklat dengan pola-pola garis gelap di permukaannya.
Siput (Gambar 12) aktif sepanjang hari. Umumnya hama ini menyerang tanaman muda di persemaian, merusak seluruh bagian tanaman dengan memakan daun dan bagian tanaman lain. Selain itu, bekicot juga makan tanaman yang telah mati.Gejala  serangan  ditandai  adanya  daun   berlubang-lubang  kecil. Tanaman inangnya antara lain ialah kubis, kailan, kubis, bunga, caisim, selada, dll. 

Pengendalian

Predator Siput Achatina fulicaGonaxis sp., Euglandina sp., Lamprophorus sp., dan bakteri Aeromonas liquefacicus. Keong besar atau yang kecil dengan mudah dapat ditangkap pada malam hari dan dimusnahkan. Dengan membersihkan sampah dan gulma, maka keong tidak mempunyai kesempatan untuk bersarang dan bersembunyi. Cara Membasmi Bekicot



Tidak ada komentar:

Posting Komentar