11 September 2012

SPINED SOLDIER BUG (HEMIPTERA: PENTATOMIDAE)




  • Nama ilmiah: Podisus maculiventris
  • Filum: Arthropoda
  • Kelas: Insecta
  • Order: Hemiptera
  • Famili: Pentatomidae
  • Mangsa: Serangga pradewasa, termasuk larva Mexican bean beetle (Epilachna varivestis), European corn borer (Ostrinia nubilalis), diamondback moth (Plutella xylostella), corn earworm (Helicoverpa zea), beet armyworm (Spodoptera exigua), fall armyworm (Spodoptera frugiperda), cabbage looper (Trichoplusia ni), imported cabbageworm (Pieris rapae), Colorado potato beetle (Leptinotarsa decemlineata), velvetbean caterpillar (Anticarsia gemmatalis), dan flea beetles (Chrysomelidae).
Deskripsi: 


Dewasa berwarna coklat pucat, panjangnya sekitar 8,5-13 mm, berbentuk perisai dengan “prominent spurs” di belakang kepala. Tidak seperti spesies hama yang mungkin terlihat serupa, kepik predator ini memiliki garis gelap yang jelas setiap ujung membranous sayap depan yang dapat membentuk satu garis gelap ketika ujung sayap dilipat.
Nimfa muda berwarna merah dan hitam, nimfa tua memiliki becak merah, hitam, kuning-oranye, dan band dan patch berwarna krem, tidak bersayap dan bundar seperti perisai. Baik dewasa maupun nimfa memiliki rostrum yang panjang lama untuk menusuk mangsanya yang terletak pada bagian ventral tubuhnya dan diposisikan kea rah posterior.
Telur berwarna abu-abu, krem, atau emas berbentuk gentong, diletakkan berkelompok (20-30 kelompok) pada daun dan ranting. Nimfa yang yan baru keluar dari telur sering berkelompok di sekitar tempat menetasnya, kemudian menyebar untuk mencari makanan. Nimfa mulai makan 4 atau 5 hari setelah menetas dan terus menyerang mangsa selama tiga minggu perkembangan berikutnya. Perkembangan dari telur hingga dewasa membutuhkan waktu sekitar 30 hari, tergantung pada suhu dan makanan.Terdapat sekitar 2-3 generasi per tahun. Di laboratorium, dewasa dapat hidup 2-3 bulan. Dilaporkan bahwa kepik predator ini dapat mengkonsumsi lebih dari 100 larva ulat grayak instar-akhir (Hoffmann & Frodsham, 1993; O'Neil, 1995; BICONET, 2009).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar