10 September 2012

BIGEYED BUGS (HEMIPTERA: LYGAEIDAE)

Nama ilmiah: Geocorisspp.
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Order: Hemiptera
Famili: Lygaeidae
Mangsa: berbagai jenis serangga kecil termasuk telur serangga, kepik lainnya, ulat kecil, flea beetles (Chrysomellidae), dan tungau.

DESKRIPSI


Bigeyed bug: A.  Dewasa; B. Telur;
C. Nimfa,menyerang telur Heliothis
(Jack Kelly Clark –UC Statewide 
IPM Program, 2011)

Dewasa dan nimfa berbentuk oval, agak pipih, panjang sekitar 4 mm, biasanya berwarna kecoklatan atau kekuningan atau perak/abu-abu (G. punctipes). Geocoris dicirikan dengan matanya yang besar dan melotot, memiliki antena yang relatif pendek dan sedikit membesar pada bagian ujungnya, dan cara jalannya terhuyung-huyung serta meninggalkan bau seperti tahi ayam ketika dipegang. Geocoris kadang tersamarkan dengan serangga hemiptera lainnya dalam famili yang sama (Lygaeidae) maupun dalam famili Miridae. Lygaeid  lainnya bertubuh lebih ramping dengan mata yang lebih kecil bila dibandingkan dengan Geocoris spp. Tidak seperti pada Geocoris spp., kepik dalam famili Miridae memiliki jarak mata yang lebih dekat, umumnya memiliki antena yang lebih panjang dan hanya memiliki satu atau dua  “closed cells” pada ujung sayap depannya. Geocoris mengalami metamorfosa tidak lengkap dengan 5 instar nimfa. Telur Geocorisberbentuk oblong, berwarna pucat, dan diletakkan secara tunggal pada permukaan daun yang kemudian menjadi “eyespots” kemerahan. Jarak yang lebar antara kedua matanya memungkinkan bidang visi yang luas untuk mengenali mangsanya (UC Statewide IPM Program, 2011; Hagler, 2011).



Bigeyed bugs: A. Nimfa Geocoris punctipes (Russ Ottens, University of Georgia – IPM Images, 2010); B. Dewasa Geocoris punctipes, makan pada Homopteran (Russ Ottens, University of Georgia – IPM Images, 2010); C. Dewasa Geocoris uliginosus (Joseph Berger – IPM Images, 2010); D. Dewasa Geocoris sp. (Bradley Higbee, Paramount Farming – IPM Images, 2010); E. Nimfa Geocoris sp. (Bradley Higbee, Paramount Farming – IPM Images, 2010).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar