10 September 2012

PROCECIDOCHARES CONNEXA (CHROMOLAENA STEM GALL FLY)

Nama umum: Chromolaena stem gall fly, stem galler.
Nama ilmiah: Procecidochares connexa (Macquart). syn. Cecidochares connexa (Macquart)
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Ordo: Diptera
Famili: Tephritidae
Inang: Chromolaena odorata: siam weed (English), sufmuti (Timor Barat), rumput putih (Kupang - NTT), karino atau kirinyu (Sikka - Flores, NTT)



DESKRIPSI:

Betina dewasa dengan kepala kuning oranye, mata merah terang. Thoraks berwarna hitam dengan setae putih mencolok. Abdomen berwrna hitam, posterior margin pertama pada tergites dengan daerah putih, ovipositor subconical dan menonjol. Sayap dengan fasciae hitam. Jantan serupa, kecuali perut berwarna cokelat tua dan apikal bulat melebar.  Di Laboratorium, dewasa dapat hidup kurang dari 2 minggu. Betina meletakkan telur dalam jaringan tanaman di pucuk muda. Di lapangan biasanya 2 telur diletakkan pada setiap pucuk. Setelah sekitar 2 minggu mulai terlihat puru atau bintil. Puru akan menjadi kayu dengan panjang  2-3 cm dan lebar 0,8-1,5 cm. Di lapangan, 2-4 larva biasanya terbentuk di ruang terpisah pada setiap puru, dan sebelum pupasi sebuah terowongan keluar dibuat dengan meninggalkan lapisan tipis epidermis. Siklus hidup rata-rata 60 hari.

A. Dewasa Procecidochares connexa (Photo: Collin Wilson, Agricultural Research Council, ARC - LNR); B. Procecidochares connexa, jantan dewasa (Photo: NABII) C. Procecidochares connexa, betina dewasa (Photo: NABII); D. Puru  Procecidochares connexa; E. Lubang keluar dewasa Procecidochares connexa; F. Larva Procecidochares connexa (kiri), pupa Procecidochares connexa (kanan); G. Larva Procecidochares connexa dalam puru; H. Pupa Procecidochares connexa dalam puru (Photo: Yos F. da Lopez)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar